Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , » Soto Ayam

Soto Ayam

Written By Fashion anak on Monday, May 23, 2016 | 2:14:00 PM


Bahan-bahan:

1/2kg dada ayam (tulang-tulangnya dapat dijadikan untuk isian dalam kuah soto)
1/2 buah kol/kubis
250gr tauge
2 bungkus soun
1 Sdt ketumbar
6 Siung bawang merah
4 Siung bawang putih
1 Ruas ibu jari kunyit
1 Ruas ibu jari jahe
3 cm lengkuas memarkan
2 Batang serai memarkan
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 buah jeruk nipis
daun bawang dan daun seledri
Kecap manis
Tomat potong-potong
Bawang goreng
1 Liter air
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat :

Cuci bersih dada ayam lalu rebus sekitar 15 menit lalu angkat, setelah itu siapkan wajan dan masukkan minyak tunggu sampai minyak panas lalu goreng ayam sampai agak kekuningan lalu angkat dan tiriskan, lalu suwir-suwir ayam menjadi kecil-kecil, lalu sisihkan dulu.

Haluskan bumbu seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe. Setelah itu tumis bumbu yang dihaluskan tadi dan juga masukkan serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk tumis hingga harum, lalu sisihkan.

Setelah itu siapkan panci tambahkan air lalu masak hingga mendidih lalu masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi, masukkan juga tulang ayam sisa dari dada ayam. setelah itu masukkan garam dan penyedap rasa. setelah rasa asin dan gurihnya sudah pas angkat dan sisihkan, dan juga masukkan potongan daun bawang yang sudah di iris sedang kedalam kuah soto.

Iris daun bawang dan seledri dan iris tipis-tipis kol, lalu cuci bersih kol, tauge. Siapkan panci lalu rebus air sampai mendidih lalu rebus kol selama 3 menit, lakukan juga untuk tauge, rebus selama 3 menit lalu angkat, untuk soun lakukan juga sama seperti kol dan tauge tadi.

Siapkan mangkuk lalu masukkan soun, kol, tauge, dan ayam yang sudah disuwir-suwir tadi lalu masukkan kuah soto, tambahkan daun bawang seledri, tomat, kecap manis, jeruk nipis dan bawang goreng. Agar tambah nikmat untuk disantap anda juga dapat menambahkan sambal dan juga kerupuk sebagai pelengkap.

Selamat mencoba sahabat mama agha online.


SHARE

About Fashion anak

0 comments :

Post a Comment