Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , » Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin

Written By Fashion anak on Monday, May 23, 2016 | 9:27:00 AM


Halo sahabat online kali ini kami akan menyajikan resep tempoyak ikan patin, sahabat online dirumah pasti belum banyak yang tahu apa itu tempoyak.  

Tempoyak yaitu makanan khas jambi yang terbuat dari durian yang difermentasi atau diasamkan. Tidak hanya dijambi saja tepoyak ini dapat ditemukan, ada juga didaerah lain seperti palembang, kalimantan. 

Tempoyak ini berbentuk seperti selai tetapi rasa dari tempoyak ini asam. Tempoyak ini dapat dibuat masakan seperti gulai tempoyak ikan, brengkes (pepes) ikan, ayam dan sebagainya, tempoyak juga dapat dibuat sambal tempoyak.

Tempoyak ikan patin ini sangat mudah cara membuatnya dan juga bumbu yang digunakan mudah didapat, ikan patin yang digunakan pun mempunyai gizi yang sangat tinggi. Tempoyak ini dapat disajikan sebagai lauk dengan nasi hangat.

Cara membuat tempoyak yaitu :

Siapkan daging buah durian yang sudah matang pisahkan dari bijinya, setelah itu beri sedikit garam lalu simpan dalam pempat atau wadah lalu tutup rapat dan simpan pada suhu ruangan.

Tempoyak Ikan Patin 

Bahan-bahan:

1 kg Ikan Patin
200gr Tempoyak 
2 Batang Serai memarkan
1 Ruas ibu jari Kunyit
10 Buah Cabe rawit
500ml Air
Garam secukupnya
Gula Secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat :

Cuci bersih ikan patin lalu Potong-potong menjadi empat bagian. lalu haluskan kunyit, cabe rawit. lalu masukan dalam sat wadah yaitu ikan patin, tempoyak, bumbu yang dihaluskan, serai, lalu aduk perlahan sampai ikan patin tercampur rata dengan bumbu dan tempoyak tadi dan tambahkan air. Setelah itu masak diatas api sedang, setelah mendidih lalu tambahkan garam, gula dan penyedap.

Setelah ikan matang lalu angkat dan sajikan dengan nasi hangat, lebih nikmat lagi apabila disajikan dengan sambal terasi.

selamat mencoba sahabat online dirumah,
SHARE

About Fashion anak

0 comments :

Post a Comment